Cara Menampilkan Garis Tepi (margin) pada Ms. Word Semua versi - BR

Tuesday, February 19, 2019

Cara Menampilkan Garis Tepi (margin) pada Ms. Word Semua versi

Halo Bung ,

Apakah bung sering bingung bagaimana cara menampilkan garis tepi atau margin di Microsoft Word? Tampilan word saya mempunyai ruler (penggaris) di sisi atas dan kiri, tapi tidak menampilkan garis pembatas di lembar kerjanya, bagaimana caranya agar muncul? Ini berlaku untuk semua versi Microsoft Word. Entah Microsoft 2003, 2007, 2010, atau versi terbaru 2016 sekalipun.

Batas teks atau dalam istilah Bahasa keren nya Inggrisnya Text Boundaries dapat membantu kita mengatur kesejajaran teks (align teks).  Batas teks ini akan tampil di lembar kerja Microsoft Word berupa garis putus-putus yang mengelilingi di dalam lembar kerja microsoft word.  Batas teks lebih dikenal dengan sebutan margin. Misalnya margin kiri-atas, kanan, dan bawah dengan ukuran 4, 4, 3, 3 maka garis tersebut akan terlihat seperti berikut ilustrasi gambar berikut




Garis Tepi muncul dengan margin 4, 4, 3, 3

Tetapi , ada kendala bagi pemula yang membutuhkan garis bantu tersebut di layar komputernya ketika layar kerja blank putih semua tanpa ada garis batas. Seperti ilustrasi berikut:




Garis tepi tidak muncul pada lembar kerja Ms. Word
Sebenanya, ketika ditulis pun akan secara otomatis teks tidak akan keluar dari batas teks tersebut. Namun, agar bung lebih meyakinkan dalam mengetik di microsoft word berikut caranya.


Cara menampilkan garis tepi tersebut adalah dengan cara berikut:


 1.  Buka options

Tehniknya ada dua, tehnik pertama melalui menu File (Word 2010 atau 2016) dan logo Office di kiri atas (Word 2007). Lalu pilih Option. Perhatikan gambar:


Menampilkan jendela Word Options

Tehnik kedua, ini berlaku untuk semua Word versi berapapun. Arahkan kursor pada salah satu menu tab Word (Menu, Insert, Page Layout, dst) , lalu pilih “costumize the ribbon...”


Cara lain menampilkan jendela Word Options
Setelah  itu akan tampil jendela (word options) seperti gambar berikut:


2.       Pilih advanced


Cara menampilkan garis tepi/margin pada word options

3.       Ceklist pada “box show textboundaries”


4.       Klik "Ok"


Semua versi Word pun sebenarnya sama caranya, hanya tampilan tiap versi Microsoft Word berbeda-beda. Tampilan garis tepi (text boundaries) untuk versi Word 2016 tidak berbentuk garis tepi di sisi-sisinya, tetapi garis bantunya seperti buku. Perhatikan text boundaries untuk Microsoft Word versi 2016 berikut:

Tampilan Text boundaries versi Word 2016

Demikian postingan mengenai cara menampilkan garis tepi atau garis bantu pada microsoft word. Semoga postingan ini bermanfaat.






6 comments:

  1. Terimakasih penjelasannya, ya.
    Ini jadi panduan mudah dipahami dan dipraktekkan caranya.

    ReplyDelete
  2. Wah sangat membantu, gw gampang lupaan wkwk, nih ada tutorial juga di tempat ane kunjungi www.xidnax.com

    ReplyDelete

silahkan kritik dan saran dengan bahasa yang baik dan benar