Cara Mencetak Dokumen dengan kertas F4 agar Ukuran nya Pas - BR

Monday, February 18, 2019

Cara Mencetak Dokumen dengan kertas F4 agar Ukuran nya Pas







Halo everybody bung 🔻 , belakangan ini saya temukan beberapa teman saya termasuk saya juga sih hehe..  ketika ingin mencetak suatu lembar dokumen, tapi hasil cetakkanya malah tidak tercetak. Bahkan ada yang melebar dan kurang pas. Padahal di layar komputernya, posisinya membuatnya pas.

Jika Bung sering mengalami masalah tersebut, sebaiknya Bung memperhatikan berikut sebelum bung mencetak dokumen. Lumayan kan bung bisa menghemat kertas dan tinta karena telah mengurangi kesalahan setiap kali mencetak.

Dalam suatu dokumen, entah itu bung membuatnya di Ms. Word, Excel, Pdf, atau aplikasi lainnya yang bung mesti perhatikan adalah kesesuaian Page Setup dengan kertas untuk mencetak. Kebanyakan dari teman-teman saya selalu mensetting page setup dengan ukuran kertas legal. Padahal kertas untuk mencetaknya adalah F4.

Misalnya saja membuat dokumen di Ms. Word. Teman saya mengatur page setupnya dengan ukuran kertas Legal. Maka layar kerja yang dtampilkan di Ms.Word adalah seukuran dengan kertas Legal. Sehingga ketika dicetak dengan ukuran kertas F4, pada halaman bagian bawah tidak tercetak. Padahal marginnya masih panjang.

Perlu diketahui bahwa kertas Legal dan F4 itu berbeda. Ukuran kertas Legal adalah 21,59 cm x 35,56 cm. Sedangkan ukuran kertas F4 adalah 21,5 cm x 33 cm. Beda bukan? Jadi jelas kalau di Ms. Word menggunakan pagesetup Legal, tentu tidak akan sampai tercetak semua dengan ukuran kertas F4.

Ms.Word atau aplikasi lainnya tidak ada ukuran kertas F4, bagaimana Solusinya?


Nah, ini bergantung pada perangkat printer yang bung punya. Settingan Pagesetup pada aplikasi semisal Office, Pdf, Photoshop , atau aplikasi lainnya mengikuti settingan printer yang bung instal. Untuk ukuran F4 memang semuanya tidak ada di semua settingan perangkat printer. Solusinya tentu tergantung pada settingan printer itu sendiri.
Berikut cara setting kertas F4 untuk printer Cannon.


Pilih Printer yang akan mencetak dokumen bung
Pilih Printer Properties
Pilih CustomPilih Costumize Paper Size
Isikan Ukuran Asli F4, yaitu: 21,5 cm dan 33 cm. Karena di situ adalah ukuran milimeter, maka isikan dengan 215 dan 330.

Perhatikan Gambar:



Berikut cara setting Kertas F4 untuk printer Epson

Ada keunggulan tertentu jika Bung menggunakan printer Merk Epson. Bung bisa membuat ukuran kertas sesuai keinginan . Jika kertas F4 tidak ada dalam list page setup printer epson, bung bisa membuatnya. Berikut cara-caranya:
Pilih printer Properties pada printer epson
Pilih User Defined
Namai kertas bung
Isikan ukuran kertas, dalam hal ini ukuran kertas F4
Kemudian klik Simpan.

Lihat gambar


Pilih User Defined untuk meng-customize Page Setup baru


                         Namai Kertas Baru, Isikan ukuran kertasnya, lalu klik Save (Simpan)

            Untuk Printer HP, ukuran kertas F4 sudah tersedia. Namun namanya adalah 8,5 in x 13 in.

lihat gambar 






Page Setup Kertas F4 pada Printer HP adalah 8,5 x 13 in

Hal yang terpenting yang bung harus ingat dalam mencetak adalah kesesuaian antara page setup pada aplikasi bung, dengan ukuran kertas. Postingan ini sebenarnya bisa mewakili untuk jenis kertas yang bung punya. Tidak hanya kertas F4 saja, tetapi juga bisa ukuran kertas lain.

Jika ada pertanyaan, “Kenapa pada printer merek tertentu masih ada sisa yang tidak tercetak, padahal di lembar kerja semuanya terisi?” Ini biasanya ketika bung  ingin mencetak full kertas. Nah, itu juga tergantung dari jenis printer yang digunakan. Periksa fitur printer yang bung gunakan apakah printer bung mempunyai fitur Borderless atau tidak. Jika ada, maka artinya printer bung bisa mencetak seluruh poto tanpa ada kertas yang tersisa.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

silahkan kritik dan saran dengan bahasa yang baik dan benar